4 Film yang Bakal Bikin Kamu Ingat dengan Tragedi 9/11

4 Film yang Bakal Bikin Lo Ingat sama Tragedi 9/11


September selalu dikenang sebagai bulan dengan tragedi yang memilukan. Pagi hari sewaktu New York, Amerika Serikat, dua pesawat tiba-tiba menerjang gedung World Trade Center (WTC) atau “The Twin Towers” pada 11 September 2001. Tidak berapa lama, liputan live dari sekitar tempat kejadian langsung merajai semua saluran TV di dunia. Pas nonton berita ini, ada yang kaget, bingung, penasaran, bahkan mengira kalau ini adegan sebuah film Hollywood terbaru.

4 Film yang Bakal Bikin Lo Ingat sama Tragedi 9/11

Setelah kejadian hari itu, situasi dalam negeri Amerika langsung berubah. Mereka jadi parno sama segala hal. Enggak kalah menarik, bermunculan pula teori konspirasi yang bilang bahwa ini cuma rekayasa Amerika sendiri demi tujuan tertentu, seperti perang di Afghanistan dan Irak. Kamu bebas percaya yang mana, ini rekayasa atau benar serangan teroris. Pastinya, tragedi 9/11 sudah terjadi dan mengubah situasi dunia sampai sekarang.

Saking fenomenalnya, 9/11 sudah tentu dibuat berbagai film buat membahas sekaligus mengenangnya. Genrenya pun beragam, ada yang berwujud dokumenter atau film feature.

1. World Trade Center (2006)




Film ini dibuat berdasarkan kisah nyata. Kedua petugas kepolisian itu yang jadi inspirasi film ini termasuk dari sebagian yang berhasil selamat dari tragedi serangan WTC.

2. United 93 (2006)






Total ada empat pesawat yang dibajak dan dipakai untuk menyerang obyek vital di Amerika. Dua sukses ditabrakkan ke gedung WTC, satu ke Pentagon, dan satunya lagi berhasil digagalkan. Nah, berdasarkan kisah pesawat keempat itulah film ini dibuat.
United Airlines 93 di pagi hari 11 September mempunyai rute penerbangan dari New Jersey menuju San Francisco. Tidak lama setelah lepas landas, pesawat dibajak oleh empat orang teroris yang ada di dalam pesawat. Mereka berencana membelokkan penerbangan menuju ibukota Amerika, Washington D.C. Penumpang lain yang berada dalam pesawat berusaha menggagalkan rencana tersebut dan akhirnya United 93 jatuh di sebuah lapangan yang ada di Pennsylvania.

3. Fahrenheit 9/11 (2004)




Dalam film dokumenter berdurasi 122 menit ini, dia membuka mata tentang adanya agenda tersembunyi dari pemerintahan Presiden George W. Bush dari kondisi ketakutan di masyarakat Amerika pascatragedi 9/11. Dengan adanya paranoia yang berlebihan itulah, pemerintah Amerika bisa punya alibi kuat untuk menyerang Afganistan dan Irak demi mencari teroris sekaligus senjata pemusnah massal.

4. 9/11 (2017)





Film ini dibintangi oleh beberapa selebritas ternama, seperti Charlie Sheen dan Whoopi Goldberg. Kisahnya sendiri tentang lima orang dengan latar belakang berbeda.
Kelimanya sedang berada di dalam sebuah lift kala North Tower dari WTC diserang. Mereka pun terjebak. Tanpa memahami apa yang sedang terjadi kala itu, mereka akhirnya bersatu dan berusaha melawan segala rintangan demi menyelamatkan diri.
***
Walaupun tidak terjadi di Indonesia, bukan berarti kamu harus apatis. Dengan nonton salah satu atau mungkin semua film pilihan di atas, paling enggak, kamu akan teringat lagi akan tragedi bersejarah ini.


Sumber: https://www.kincir.com/geeky/movie-tv-series/4-film-yang-bakal-bikin-lo-ingat-sama-tragedi-911

Komentar